MU
Ribuan Pemimpin PTS Se-Indonesia Akan 'Kepung' Istana Kepresidenan

Ribuan Pemimpin PTS Se-Indonesia Akan 'Kepung' Istana Kepresidenan

Admin
22 Sep 2022
Dibaca : 67x

Para pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia bakal menggelar aksi demonstrasi di dua lokasi yaitu istana kepresidenan dan kantor Kemendikbud selama 3 hari sejak 27 hingga 29 September 2022.

Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Prof Budi Jatmiko menyatakan, kesiapannya memimpin langsung aksi demonstrasi sivitas akademika kampus swasta se-Indonesia. Menurutnya, sudah lebih dari 1.000 Pimpinan PTS menyatakan kesiapan untuk hadir untuk menyuarakan keadilan.

Salah satu grand isu yang akan disampaikan dalam aksi demonstrasi tersebut adalah pembubaran Lembaga Akreditasi Mandiri-Perguruan Tinggi (LAM-PT).

"Peserta aksi akan terus bertambah. Di Bali 3.000 lebih pimpinan PTS hadir tanggal 1-3 Juli lalu untuk membicarakan kebuntuan dialog dengan pemerintah," jelas Prof Budi Jatmiko dalam video YouTube yang diunggah di kanal Aptisi, dikutip Minggu (18/9).

Ia mengatakan pihaknya telah ingin melakukan aksi demonstrasi sejak tahun 2021. Namun, Prof Budi Jatmiko terlebih dulu melakukan pendekan dengan berbagai pihak. Termasuk menyurati Menteri, Dirjen, dan juga DPR.

“Kita juga sudah bersurat kepada presiden dan menteri tapi tidak ditanggapi. Ini yang membuat teman-teman PTS geram,” kata.

Menurutnya, saat ini kondisi PTS di Indonesia sedang kesulitan membiayai kampus mereka. Apalagi sejak pandemi, lebih dari 50 persen mahasiswa mengajukan cuti.

“Kondisi kita tujuh tahun mahasiswa menurun, tiga tahun terkahir covid memenjadikan PTS sulit sekali untuk memiliki kemampuan membiayaan kampusnnya,” terangnya.

Prof Budi Jatmiko menambahkan, mereka sekarang harus dibebankan dengan biaya membakar kertas yang sangat mahal dalam proses akreditasi.

Aptisi, terangnya, sudah memberikan sejumlah solusi diantaranya menggunakan sistem blockchain dan juga memperluas PDPT. Sehingga perguruan tinggi bisa mengunggah aktivitasnya di sana.

Melalui itu, LAM atau pun BAN PT bisa langsung mengunduh untuk diperiksa. "Dengan menggabungkan block chain dan PDPT, biaya untuk akreditasi LAM PT bisa lebih murah," papar Prof Budi Jatmiko.

Selain itu Prof Budi berharap durasi hasil akreditasi LAM bisa diperpanjang karena kondisi masyarakat perguruaan tinggi sedang dalam masa kesulitan pembiayaan. Ia menyebutkan LAM memungut uang tidak sedikit dari perguruan tinggi.

Bahkan, ungkap Prof Budi Jatmiko, sejumlah LAM memungut biaya ke perguruan tinggi dengan nilai fantastis, mencapai Rp80 juta.

"Saat LAM lahir sampai tahun kedua itu tidak bayar, tapi di tahun ketiga, kami harus bayar Rp70 juta sampai Rp80 juta dan yang jadi masalah ini tidak pernah diaudit dan orangnya itu-itu saja," katanya.

Prof Budi melanjutkan, terkait tuntutan massa aksi nanti mereka masih konsisten meminta 5 poin tuntutan, diantaranya :

1. Hentikan RUU sisdiknas yg sangat liberal.

2. Bubarkan LAM PT berorientasi bisnis

3. Bubarkan komite Uji Kompetensi , yang tidak sesuai undang-undang dan kembalikan ke perguruan tinggi masing-masing.

4. Menyelesaikan audit kinerja pengabungan PTS yang bertahun tahun tidak selesai, dan perijinan prodi yg lambat membutuhkan waktu ertahun tahun.

5. Naikan KIP Untuk PTS kecil.

Baca Juga:
Tips Memilih Inner atau Dalaman Hijab ini Bermanfaat Banget

Fashion 29 Maret 2022

Tips Memilih Inner atau Dalaman Hijab ini Bermanfaat Banget

Inner atau dalaman hijab sangat disukai oleh banyak orang karena item ini bisa membuat pemakaian hijab menjadi lebih mudah dan kencang. Di lain sisi, inner

Cara Kucing Peliharaan Menunjukkan Rasa Cinta pada Anda

Pengalamanku 15 Jun 2020

Cara Kucing Peliharaan Menunjukkan Rasa Cinta pada Anda

Memiliki binatang peliharaan bisa jadi menjadi sesuatu hal yang menyenangkan dan bisa menjadi hobi yang dapat menghibur bagi kebanyakan orang. Mungkin sebagian

Adab Bergaul dalam Syariat Islam

Religi 13 Des 2018

Adab Bergaul dalam Syariat Islam

Zaman di mana kita hadapi saat ini merupakan suatu zaman yang sulit untuk menghindari pergaulan dengan lawan jenis. Baik di berbagai bidang kehidupan,

Ide Bisnis Minuman Kekinian, Modal Minim Untung Besar

Pengalamanku 3 Okt 2021

Ide Bisnis Minuman Kekinian, Modal Minim Untung Besar

Ide jualan minuman kekinian ini cocok untuk kamu yang ingin meraup keuntungan. Mulai dari minuman es susu Regal hingga kopi literan yang kekinian. Aneka

Bagaimana Memilih Produk untuk Usaha Online? 4 Cara Ini Bisa Jadi Solusinya!

Tips Marketing 30 Apr 2020

Bagaimana Memilih Produk untuk Usaha Online? 4 Cara Ini Bisa Jadi Solusinya!

Saat Anda menetapkan untuk menjalani usaha online, produk apa yang Anda pilih? Membuat pilihan dengan cara sembarangan ataupun ikut-ikutan dapat membuat Anda

Resep Ayam Kecap Tumis Spesial Selera Rasa yang Lezat dan Nikmat

Wisata Kuliner 20 Des 2019

Resep Ayam Kecap Tumis Spesial Selera Rasa yang Lezat dan Nikmat

Ayam merupakan salah satu bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam masakan lezat yang menggugah selera. Dimasak dengan menggunakan bumbu yang

MU
Copyright © Ulukhar.com 2022 - All rights reserved
Copyright © Ulukhar.com 2022
All rights reserved